Monday, November 24, 2008

Pengalaman menjadi MD Coca-Cola






Salah satu contoh mahasiswa yang bekerja setelah wisuda tetapi diluar bidangnya adalah aku.

Bagaimana tidak, masak wong Sarjana Komputer kok jadi MD (Marchendiser), apa g' lucu itu.

Tapi bagiku semua itu aku buat untuk cari pengalaman didunia kerja.

Begini ceritanya :



Tanggal 23 Okober 2008 aku telah direkrut oleh PT. Vesco untuk menjadi karyawan di PT. Coca-Cola

sebagai MD (Marchendiser). Sebelumnya pada tanggal 17 Oktober 2008 - 20 Oktober 2008 aku bekerja sebagai
Backup Marketing di dealer Honda Aries Putra Motor Nganjuk, tapi sangat disayangkan entah kenapa aku kok
g' krasan gt ya disana, Padahal disana kerjaku enak lho, cuma duduk2 sambil input data paling2 cuma 2 jam
aja udah selesai, udah cuma itu aja kerjaanku. Mungkin saja emang aku g' cocok ataupun bukan
rejekiku disana ya :D.



Setelah itu aku masuk didunia retail dengan masuk pada Perusahaan minuman paling terkenal seantero jagat
yaitu Coca cola, WuiHHH... orang2nya disana pada profesional2 semua disana, ada yang sopan ada juga yang kurang ajar
suka misuhan (bahasa jawanya).
Pas pertama kali aku kaget,,, eh ternyata lama kelamaan ternyata orangnya sama aja semua, cuma bedanya
mereka sudah lama menggeluti didunia marketing, jd udah banyak gt ilmunya.



Hari -1

Kegiatanku hanya pengenalan pada karyawan2 yang lain & juga dikenalkan pada petinggi2 swalayan2 yang menjadi tempat kerjaku.

Hari -2 & -3

Kegiatanku hanya melakukan survei pada semua swalayan2 yang menjadi pelanggan coca cola.

Hari -4 sampe sekarang -30

Ini baru mulai kerja sebenarnya, pada awalnya ak sangat suka pekerjaan ini. Eh... lama kelamaan dikit demi dikit selalu
saja menemui masalah. Masalah yang pertama adalah adanya barang2 yang rusak ataupun expired di swalayan2 padahal coca cola
itu tidak bisa retur. Padahal ak ini kan orang awam didunia retail ataupun marketing minta tolong pada supervisor ehh malah
jawabannya tidak memuaskan. jadi tambah bingung dehhh..
Akhirnya bosku yang di surabaya datang dengan membawa segudang solusi, akupun bersyukur alhamdulillah.



Setelah masalah ini selesai ganti datang lagi masalah dari bosku MAnager Kediri, dia selalu memarahi dan komplain padaku
gara2 nilai retku (nilai pada tiap swalayan, nilai untuk display) hancurrrr...
Bagaimana tidah hancur saudara... dari 27 outlet yang aku tangani ada 7 outlet yang mau berakhir masa hidupnya. Yang namanya
7 outlet tadi mau beli produk daro coca cola aja takutnya minta ampun. Sebabnya kan udah tokonya suepi banget takut g' bisa
retur lagi.



Lha jelalah (bertepatan dengan itu) nilai ret yang keluar baru 6 itupun yang 4 adalah swalayan2 yang suepi tadi. Wesss,
hancurlah aku. Tiap ketemu bos pasti wajahnya ditekuk2 sambil suara dibentak2in gt.

Adalagi masalah yang sudah menghadap didepan mata, yaitu sprite+coca cola 1,5 Liter yang masa expirednya bulan Februari ada
sekitar 500 botol di Swalayan terbesar di Kediri. Nah itu yang bikin pusing juga, kalo itu semua g' laku bisa mati aku,
yang jelas swalayan g' mau menanggung rugi akhirnya aku juga yang akan disuruh mengganti. Bayangin ada sekitar 500 botol kalo
1 botol Rp. 10.000,- kalo ada 500 botol apa 5 juta,,,

Padahal gajiku aja perbulan Rp. 1,3 Juta.

Tau ni pusing banget aku mikirin yang ini. Apa aku enaknya keluar dari coca cola aja ya kalo udah bulan desember, lha kalo g'
keluar ak pasti dicari2 untuk ganti barang2 yang sudah expired, gajiku aja tidak cukup.



Pada intinya kerja jadi MD Coca Cola adalah display yang bagus yang memenuhi aturan2 dari pihak PT. COca cola Company, & bisa
order banyak (merangkap sales TO juga) dan jadi kuli, yang pasti angkat2 banyak karton yang berisi coca cola. Wah,, berat deh
pokoknya. Kalo orang lihat pasti enak kerjaanku, padahal suliiiit banget. G' tau ni aku bisa tahan berapa bulan disini.



Gimana ini wahai teman2ku, tolong dibantuin dong,,,,



Semoga aja aku diterima jadi PNS jadi pas bulan januari 2009 awal aku udah keluar, Ya Alloh terimalah doa hambamu ini semoga
aja aku diberi kesempatan menjadi PNS agar aku tau bagaimana rasanya bekerja dai mulai bawah dan akhirnya merangkak naik & naik
jabatanku sehingga akhirnya menjadi orang yang sukses. Amin...

14 comments:

Anonymous said...

sing suuabuarrrrr ya.... :)

hendrik said...

Lanjutkan perjuanganmu Zam...ya begitulah dunia kerja. Jangan kaget...apalagi habitatmu dulu adalah S1 Sistem Informasi, jadi bgitu kerja diluar habitat ya agak kaget. Namun inilah hidup. Dan aku salut atas itu.
Presure demi presure akan kamu alami, kasus demi kasus akan kamu telan, bagaiamana solusinya ? Nah sebelumnya kamu di kuliah kan sudah diajarkan beberapa metode untuk dipakai pada kasus-kasus skripsi. Cobalah kamu terapkan dengan konsep itu. Bukan rumusnya,tapi cara berpikir konsepnya. Jadilah marketing yang cara berpikir dan bekerjanya level sarjana.

Smoga bermanfaat

Anonymous said...

Pesen minumnya dong baaangggg!!
5 botol coca cola coke
7 botol sprite
6 krat kuntul
7 botol topi miring
10 botol martini
3 botol baceman cindil

kirim ke singkal anyar

yayan ari said...

aku juga lulisan teknik komputer mas,dulu pernah jadi teknisi di toko komputer terkemuka disolo.sampai akhirnya jadi kepala marketing di toko tsb.tapi dengan berjalannya waktu rasa bosan bikin aku resign.sekarang aku jadi MD HAWKER yang tugasnya jualin prosuk perusahaan.enak gak enak ya di jalanin bro.namanya orang kerja.hehe

Ardi fi said...

Aku lulusan informatika.
Dulu kerja cuma serabutan..
tapi tetap bersyukur aja. Karena rezeki gak kmn kok

Anonymous said...

Buka usaha aja to

Unknown said...

Pt vesco alamatnya dimana ka??
Barang kali ada lowongan buat md cocacola,, saya tertarik ka

Andi Setiawan said...

Saluttt mas,mantaf jiwa😢😢👍👍👍

Non Dit's said...

Baru baca blog sampean mas, dapat bnyk info dan semua itu yg lg tak rasau skrg

Eva Ramitha said...

Trus sekarang gimana jd PNS tidak?
Q malah pingin bgt ngerasain jd MD.

Anonymous said...

lagi ngerasain cerita kaya gini sekarang semua kisahnya sama, berat rasanyarasan pengalaman kerja pertama ya apa aja. namanya freshgraduate gak boleh neko2

Unknown said...

Saya juga MD parfum Alexander di Surabaya sdh tamat S1 tapi saya pengen mengenal lebih dekat dengan tempat pekerjaan sebagai MD

Karius said...

Untuk ngurus barang sekarat itu klo ide ane sih direct selling ke konsumen, bisa di acara dangdutan yg banyak orang, car free day, malmingan produktif sambil jualan ma pacar. Biar hidup ne pcarannya seru g wik2 doank.

Unknown said...

Hallo kak, aku baru baca blogmu tahun ini 2021 10thn lebih wkwk.. aku serching2 Nemu blogmu ini kubaca jadi senyum sendiri sambil ngebayangin pas aku kerja di super market yang sering ketemu mbk2 SPG atau MD hehe.. ternyata sama aja ya tiap pekerjaan ada aja resikonya. Terus sekarang gimana udah jadi PNS kann hehe